Senin, 07 April 2014

KEMAJUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI VS DIKMAS LANTAS




Teknologi komunikasi akan selalu berkembang dari tahun ke tahun dikarenakan pengaruh globalisasi dan kita tidak bisa melawan kemajuan teknologi tersebut. Yang bisa kita lakukan hanya mengikutinya dan dari hal itu kita akan memperoleh dampak positif maupun negatifnya.
Perkembangan teknologi tersebut tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Informasi dapat dengan mudahnya kita ketahui berkat kemajuan teknologi. Tentu hal ini menyebabkan perubahan yang begitu besar dalam perilaku kita. Perlahan – lahan mulai mengubah gaya hidup dan pola pemikiran kita.
Kemudian apa hubunganya kemajuan teknologi komunikasi dan fungsi dikmas lantas?
Perlu diketahui bahwa kemajuan teknologi khususnya HP atau gadget pada masa sekarang ini bisa merubah pola tertib berlalu lintas masyarakat di jalan. Mengapa demikian ? sering kita jumpai kasus kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh perilaku dalam berkendaraan, dimana salah satu kontribusinya berasal dari penggunaan perangkat komunikasi saat berkendara. Misalnya pengendara kendaraan sedang mengoperasikan HP saat berkendara, entah mereka sedang smsan, telp, atau sedang membuka jejaring social yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat. Hal tersebut merupakan pelanggaran dalam berlalu lintas karena menganggu konsentrasi saat berkendara, sesuai dengan UU No. 29 tahun 2009 pasal 106 dan pasal 283.
Maka dari itu kami dari fungsi dikmas sat lantas Polres Bantul dengan segenap daya dan upaya melakukan sosialisasi secara langsung, melalui media cetak maupun elektronik seperti melaksanakan siaran di radio persatuan Bantul frekwensi 94, 2 FM.
Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat pengguna jalan. Diharapkan masyarakat tahu dan mengerti tentang peraturan dan tata cara tertib berlalu lintas sehingga dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari – hari.
Kami tidak henti – hentinya menghimbau agar masyarakat pengguna jalan menyadari pentingnya tertib berlalu lintas demi kenyamanan dalam berkendara, tidak hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga demi keselamatan pengguna jalan lain. Saling menghormati di jalan raya, jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan. 

0 komentar:

Posting Komentar